Friday, November 26, 2010

Hadiah Akhir Tahun Untuk Anda! - Awas Email Berbahaya

Pagi tadi saya menerima email dengan subject Hadiah Akhir Tahun Untuk Anda! Email tersebut memberitahukan jika saya telah mendapat hadiah bonus akhir tahun dari PPC Indo. Saya diminta mendownload lampiran file dan mencetaknya lalu membawanya ke kantor pos untuk mengambil hadiahnya. Berikut ini adalah isi dari Email tersebut:

Hallo,

Selamat! Anda mendapatkan bonus akhir tahun dari kami. Ingin tahu hadiah anda? Silahkan download lampiran email ini, cetak dengan printer anda dan bawalah ke Kantor POS terdekat untuk mengambil hadiah yang anda dapat.

Password file lampiran anda adalah: bonus2010

Perhatian
File lampiran ini mungkin terdeteksi sebagai virus, untuk itu silakan matikan antivirus anda sebelum men-download file lampiran ini.

Terima Kasih,
PTC Indo


Sebenarnya saya sudah mulai curiga dengan email ini. Memang saya pernah mendaftar dibeberapa bisnis PPC tapi hanya mendaftar saja dan tidak pernah aktif. Bagaimana mungkin anggota yang tidak aktif bisa memperoleh hadiah atau bonus? Kejanggalan yang lain adalah diminta untuk mematikan antivirus... enak saja jaminannya apa kalu file lampiran itu tidak ada virusnya. Lagi pula mana ada orang yang berniat baik memberikan hadiah tapi meminta antivirus dimatikan...(semakin curiga).

Dengan penuh penasaran saya tetap men-download lampiranya yang ternyata dalam format zip. Ketika akan saya ekstrak eh antivirus dikomputer saya memberikan peringatan... setelah saya perhatikan tentu saja ternyata filenya berekstensi .exe bahkan antivirus dikomputer mendeteksinya sebagai trojan... hohoho... langsung saja saya bersihkan...

So buat temen-temen yang dapat email seperti diatas langsung hapus saja dari inbox.

Akhir kata seperti himbauan Bang Napi "Waspadalah...Waspadalah.."

No comments: