Friday, March 19, 2010

Tips Proteksi File Ms. Word 2007 Dengan Password

Ada kalanya saat mengerjakan sebuah dokumen atau laporan kita sering menggunakan Ms. Word 2007. Jika laporan atau dokumwn tersebut tidaklah begitu penting maka kita tidak perlu khawatir, namun bagaimana jika dokumen itu penting dan perlu dijaga kerahasiannya.


Seperti di Ms.Word versi sebelumnya, Ms. Word 2007 juga meimiliki fitur untuk memproteksi file Ms.Word dengan password. Proteksi ini meliputi proteksi untuk membuka(open) agar orang yang tidak berkepentingan tidak bisa membuka atau membaca dan juga proteksi mengganti isi dokumen (modify).

Untuk memproteksi file dokumen pada Ms. Word 2007 adalah sebagai berikut:

  1. Setelah selesai bekerja dengan Ms. Word 2007 simpan dokumen seperti biasa

  2. Akan muncul kotak dialog save as pada file name isi dengan nama file yang akan disimpan. Pilih Tools --> General Options

  3. Muncul kotak dialog General Options, pada password to open isi dengan password anda. Isikan juga password anda pada kotak password to modify. Jika sudah klik OK

  4. Anda akan diminta memasukkan ulang password to open. Masukkan lagi passwordnya jika sudah klik OK

  5. Anda akan diminta memasukkan ulang password to modify. Masukkan lagi passwordnya jika sudah klik OK

  6. Selesai. Silahkan tutup file dokumen anda


Untuk membukanya silahkan buka seperti biasa, maka anda akan diminta untuk memasukkan password terlebih dahulu. Sekarang file doc anda akan terlindungi dari orang-orang yang tidak berkepintingan untuk mengakses file anda.

Selamat Mencoba...!!!

No comments: